Tentang Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah salah satu cabang dari ilmu psikologi yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Banyak masalah yang susah dipecahkan dengan ilmu psikologi konvensial namun dengan sangat mudah diselesaikan dengan hipnoterapi atau hipnosis.

Hypnotherapy memiliki track record yang terbukti sebagai metode yang sangat efektif untuk membantu orang mengatasi berbagai macam masalah. Ketika hipnoterapi digunakan di tangan terapis terampil hanya dalam ruang yang sangat singkat waktu hipnoterapi dapat membantu membawa hasil yang benar-benar menakjubkan.

3_hypnotherapy

Seperti banyak profesi lain bisa ada perbedaan besar pada orang yang menggunakan hipnoterapi dan yang menyebut diri mereka ‘hipnoterapis.’ Ada hipnoterapis guru yang ahli hipnosis, sangat terlatih, sangat berpengalaman dan memiliki kedalaman yang luas pengetahuan hipnoterapi. Sayangnya, ada juga orang yang tidak benar menggunakan Terapi Hipnoterapi. Mereka mungkin tidak terlatih, terlatih dan berpengalaman orang-orang yang mengaku sebagai hipnoterapis. Jelas hasil hipnoterapi, bila digunakan oleh seorang hipnoterapis yang memiliki sedikit atau tidak ada pelatihan dan pengalaman hanya terbatas cenderung jauh lebih efektif daripada meletakkan tangan Anda di ahli hipnosis yang terampil.

Menurut Buku Besar Ilmu Psikologi tentang hipnoterapi adalah metode terapi pikiran dengan jalan komunikasi secara bawah sadar. Sedangkan pengertian hipnosis secara etimologi adalah kondisi relaksasi pikiran dan tubuh untuk mendapatkan sugesti yang diingikan oleh seseorang guna proses penyembuhan.

Hipnoterapi adalah terapi yang tepat guna untuk membuka komunikasi antara pikiran bawah sadar dengan pikiran sadar seseorang. Yang diperlukan adalah keinginan untuk terbuka dan mengijinkan terjadinya komunikasi yang baik dengan pikiran bawah sadar untuk mencapai tujuan yang diinginkan ke arah positif.

Namun sangat disayangkan dengan pemahamam masyarakat umum yang keliru tentang hipnoterapi atau hipnosis, metode penyembuhan penyakit psikologi dengan hipnoterapi atau hipnosis banyak diabaikan.

Oleh karena itu melalui artikel tentang hipnoterapi di bawah ini kami akan memberikan penjelasan yang detail arti dan manfaat dari hipnoterapi.

Manfaat Hipnoterapi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengobati depresi yaitu dengan hipnoterapi. Hipnoterapi merupakan suatu teknik terapi pikiran menggunakan hipnotis. Hipnotis adalah suatu ilmu untuk mempengaruhi pikiran atau memberi sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar.

dbs-depression-side300Hipnoterapi bekerja sebagai alat untuk menghapus program-program negative dalam pikiran sekaligus memasang program-program baru yang positif, yang akan membuat anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan menggunakan hipnoterapi anda dapat menghilangkan segala hal buruk yang ingin anda hilangkan dari pikiran,perasaan, dan perilaku anda. melalui hipnoterapi juga dapat menanamkan pikiran, perilaku, dan perasaan baru yang lebih baik untuk kemajuan masa depan anda.

Pada dasarnya hipnoterapi untuk mengobati depresi menggunakan kata-kata (verbal therapy), yaitu memasukkan serangkaian sugesti ke pikiran bawah sadar klien yang sedang dalam kondisi yang sangat-sangat tenang (trance), yang dimaksudkan untuk menghasilkan efek penyembuhan.

Hipnoterapi juga dapat dimanfatkan di bidang yang lain, misalnya bidang pengembangan diri dan motivasi. Karena area yang ditangani adalah Pikiran Bawah Sadar, maka hipnoterapi ditujukan untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan mental dan emosi, termasuk penyakit fisik yang dipicu oleh mental-emosional yang dikenal dengan sebutan penyakit-penyakit psikosomatis.

  • Meningkatkan performa pendidikan.

Anak mampu mendapatkan tingkat kecerdasan serta kepercayaan diri yang cukup tinggi. Sehingga, dalam dunia pendidikan anak menjadi lebih berani dalam menunjukkan kemampuannya serta mampu berpikir lebih taktis dalam menyelesaikan soal-soal di pelajaran yang ia dapatkan.

  • Meningkatkan kepercayaan anak

Meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian tentang hipnoterapi anak menyatakan hipnoterapi terbukti meningkatkan kepercayaan diri anak-anak sehingga prestasi mereka di sekolah mulai meningkat. Selain itu setelah menjalani hipnoterapi, anak-anak mulai bisa mengubah emosi negatif mereka menjadi tindakan-tindakan yang positif. Hasilnya, perkembangan anak bukan hanya di bidang pendidikan tapi juga di interaksi sosial anak dengan teman-teman, guru, orangtua dan orang-orang sekitar. Banyak alumni kami yang berprofesi guru atau pemilik lembaga bimbingan belajar yang mempelari ilmu ini untuk mempermudah tugas-tugas mereka membimbing anak didiknya. Karena problem emosional yang tidak tertangani dengan baik akan membuat seorang anak susah berkonsentrasi dalam belajar.

  • Menghentikan merokok

Dengan Audio Hipnoterapi-Stop Smoking akan membebaskan Anda dari kecanduan rokok. Sesi hipnosis lembut akan memindahkan pikiran Anda dari keadaan kecanduan menjadi bebas rokok. Anda tidak lagi dikendalikan oleh kebutuhan untuk merokok. Anda tidak lagi merencanakan hari dengan merokok, tidak ada kehawatiran pada diri Anda apakah Anda benar-benar telah bisa meninggalkan rokok. Audio Hipnoterapi ini bekerja pada alam bawah sadar, menanamkan keinginan Anda tertanam pada alam bawah sadar, menjadikan Anda berhenti merokok dan juga tidak ada keinginan sama sekali untuk merokok.

Bagaimana fenomena hipnosis di televise ?

Mari sadari bersama bahwa apa yang nampak di televisi adalah sesuatu yang sulit kita pastikan keabsahannya, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di belakang layar dan seberapa besar peranan rekayasa di dalamnya karena fokus utama televisi adalah hiburan dan rating. Kalau pun ternyata ada acara hiburan yang melibatkan hipnosis sungguhan maka yang terjadi adalah:

  • Subjek hipnosis bersedia untuk dihipnosis dan tidak malu-malu menjalankan apa yang disugestikan, jika pada dasarnya ia malu-malu maka sugesti tidak akan berjalan.
  • Subjek hipnosis merasa dirinya aman dan tidak melanggar nilai-nilai dirinya selama sesi hipnosis berlangsung.

Dan alasan yang paling masuk akal adalah sugestibilitas atau kemampuan seseorang dalam menerima sugesti. Terdapat ragam perbedaan kemampuan setiap orang dalam menerima sugesti dari luar, termasuk dalam menerima sugesti memasuki kondisi hipnosis. Dalam hipnosis hiburan yang terjadi adalah para subjek dipilih yang bertipe sugestibilitas tinggi sehingga mudah memasuki kondisi hipnosis.

Pandangan Keliru Tentang Hipnoterapi

Pandangan yang salah yang kerap beredar di masyarakat, yaitu:

  • Hipnoterapi sebagai praktik supranatural

“Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai praktik supranatural sehingga banyak juga yang membuat jadi bahaan candaan dengan menyebut Clinical dengan sebutan klenik,” papar Widya.

  • Bentuk penguasaan pikiran

“Sebenarnya bukan penguasaan pikiran, karena yang menguasai pikiran itu ya diri sendiri. Terapis hanya sebagai navigator seperti berkendara yang ingin sampai tujuan nah terapis hanya menunjukan jalan,” lanjutnya.

  • Dapat digunakan untuk mengubah kepribadian

“Bukan mengubah kepribadian namun terapis membantu mengeluarkan atau membuang emosi negatif dan kemudian membantu orang memprogram kembali pikiran menjadi hal positif,” terang Widya yang menyempatkan berkunjung ke Liputan6.com Rabu lalu. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca artikelnya di sini 

Istilah Hipnoterapi Transpersonal

Di balik itu semua, ada istilah yang sudah ramai dikenal, yaitu hipnoterapi klinis (clinical hypnotherapy), kelimuan hipnosis modern yang diberdayakan dan diisi dengan serangkaian proses terapi di dalamnya. Yang belum umum dikenal oleh masyarakat adalah keberadaan transpersonal hypnotherapy atau hipnoterapi transpersonal.

Hipnoterapi transpersonal adalah sebuah terobosan dalam bidang hipnoterapi dimana prosesnya mengajak klien menyadari keterhubungan yang mendalam antara dirinya sebagai manusia dan kapasitasnya untuk melampaui batasan-batasan kesadaran tiga dimensi. Ada penekanan yang mendalam pada aspek ‘sumber daya spiritual’ dalam diri kita di bahasan hipnoterapi transpersonal dan juga adanya anggapan bahwa sisi kesadaran spiritual tertinggi kita bisa diakses melalui proses terapi transpersonal.

Istilah ‘transpersonal’ diintisarikan dari bahasa Yunani, yaitu ‘trans’ yang berarti ‘menembus‘ dan ‘persona’ yang berarti ‘topeng’. Terminologi transpersonal digunakan di banyak bidang filsafat dan psikologi untuk menggambarkan sebuah pengalaman dimana sosok diri menjelajah tingkat kesadaran yang lebih tingi dan lebih luas yang juga sering kali dikaitkan dengan aspek keyakinan spiritual dalam diri seseorang, menembus batasan-batasan ‘topeng’ diri yang tercipta dari lingkungan.

Psikologi transpersonal merupakan salah satu cabang psikologi yang mengintegrasikan pemahaman spiritual dan pengalaman hidup seseorang dalam kerangka kerja psikologi modern, beberapa orang menyebutnya sebagai psikologi spiritual.

Artikel menarik Lainnya : 

Proses Hipnoterapi Untuk LGBT

Jessica Muncul di Mana-mana, Ini Kata Ahli Hipnoterapi

Hipnoterapi, Benarkah Bermanfaat untuk Kesehatan? 

Mengetahui Teknik cara cara hinpotis

 

Reference :

 

 

 

 

 

Leave a comment